Kanker


Kanker (istilah medis: neoplasma ganas) adalah kelas penyakit yang sekelompok sel layar''pertumbuhan tidak terkendali''(divisi luar batas normal), invasi''''(intrusi dan kerusakan jaringan di sekitarnya), dan kadang-kadang''''metastasis (menyebar ke lokasi lain dalam tubuh melalui getah bening atau darah).
Ketiga sifat ganas kanker membedakan mereka dari tumor jinak, yang adalah diri-terbatas, dan tidak menyerang atau bermetastasis.
Kebanyakan kanker membentuk tumor, tetapi beberapa, seperti leukemia, tidak.
Cabang kedokteran berkaitan dengan studi, diagnosis, pengobatan, dan pencegahan kanker onkologi.
Kanker dapat mempengaruhi orang-orang di segala usia, bahkan janin, tetapi risiko untuk varietas yang paling meningkat dengan usia. Kanker menyebabkan sekitar 13% dari semua kematian manusia. Menurut American Cancer Society, 7,6 juta orang meninggal karena kanker di dunia selama 2007. Kanker dapat mempengaruhi semua binatang.
Hampir semua kanker disebabkan oleh kelainan pada materi genetik dari sel-sel berubah. Kelainan ini mungkin karena efek karsinogen, seperti asap rokok, radiasi, bahan kimia, atau agen infeksius. Kanker mempromosikan lain kelainan genetik mungkin secara acak diperoleh melalui kesalahan dalam replikasi DNA, atau diwariskan, dan dengan demikian hadir di semua sel-sel dari lahir.
Heritabilitas kanker biasanya dipengaruhi oleh interaksi kompleks antara karsinogen dan genom inang. Aspek baru dari patogenesis kanker genetika, seperti metilasi DNA, dan microRNAs semakin diakui sebagai penting.
Kelainan genetik yang ditemukan pada kanker biasanya mempengaruhi dua kelas umum gen. Kanker-onkogen mempromosikan''''biasanya diaktifkan dalam sel kanker, memberikan sel-sel properti baru, seperti pertumbuhan hiperaktif dan pembagian, perlindungan terhadap kematian sel terprogram, hilangnya menghormati batas-batas jaringan normal, dan kemampuan untuk menjadi mapan dalam beragam jaringan lingkungan. ''Gen supresor tumor''yang kemudian tidak aktif dalam sel kanker, mengakibatkan hilangnya fungsi normal dalam sel-sel, seperti replikasi DNA akurat, kontrol atas orientasi siklus sel, dan adhesi dalam jaringan, dan interaksi dengan sel pelindung dari sistem kekebalan.
Diagnosis biasanya membutuhkan pemeriksaan histologis spesimen biopsi jaringan oleh seorang ahli patologi, meskipun indikasi awal keganasan dapat gejala atau kelainan pencitraan radiografi. Kebanyakan kanker dapat dirawat dan beberapa disembuhkan, tergantung pada jenis tertentu, lokasi, dan panggung.
Setelah didiagnosis, kanker biasanya dirawat dengan kombinasi operasi, kemoterapi dan radioterapi. Sebagai penelitian berkembang, pengobatan menjadi lebih spesifik untuk varietas yang berbeda dari kanker.
Ada kemajuan yang signifikan dalam pengembangan obat terapi bertarget yang bekerja khusus pada kelainan molekul terdeteksi pada tumor tertentu, dan yang meminimalkan kerusakan pada sel normal.
Prognosis pasien kanker yang paling dipengaruhi oleh jenis kanker, serta panggung, atau luasnya penyakit. Selain itu, penilaian histologis dan adanya penanda molekuler tertentu juga dapat berguna dalam membangun prognosis, serta dalam menentukan perawatan individu.

0 Komentar:

Komen disini ya :)