Jumat, 28 September 2012

Keunggulan dan Kelemahan Sistem Operasi



1.                MS-DOS
Keunggulan :1.        Kontrol HMA (High Memory Area) adalah sistem yang dapat mengontrol kerja memory diatas 640 KB untuk mesin berprosesor 80286, 80386, 80486 ataupun jenis yang lebih baik dengan kontrol HMA selain proses menjadi cepat ada juga dapat meletakkan sistem DOS di daerah HMA tersebut sehingga menghemat pemakain ruang memory dasar.
2.        Mampu menjalankan driver dan program aplikasi pada HMA untuk mesin berprosesor 80386 atau prosesor yang lebih baik.
3.        Utility DOS Shell sekarang mampu bekerja dalam bentuk grafik.
4.        Terdapat bantuan sistem yang berupa petunjuk langsung (Online Help) sehingga untuk mengetahui cara memakai suatu intruksi sekarang menjadi mudah.
5.        Editor yang memiliki kemampuan proses yang lebih baik dan efisien.
6.        Kemampuan kontrol partisi media hard disk mencapai 2 GB (1 GB = 1024 MB).
7.        Memiliki kemampuan untuk melacak suatu teks yang ada pada suatu file hingga pada directory yang majemuk.
8.        Pada intruksi dir, tampilan darifile dan directory dibedakan.
9.        Tersedia fasilitas macro dan penanganan media keyboard  yang amat berguna.
10.    Bagi pembuat program dalam bahasa BASIC sekarang disediakan compiler yang sudah terkenal yaitu Microsoft Quick Basic.
11.    Kemampuan kontrol media hard disk sekarang ditingkatkan.
12.    Mendukung pemakaian media disk drive berkapasitas 2.88 MB.
13.    Instalansi sistem dapat dilakukan dengan mudah.
14.    Tersedianya utility setver yang mampu mengubah versi file sehingga dapat dipakai beberapa sistem.
15.    Sekarang kontrol atribut file menjadi lebih mudah dengan ditingkatkannya instruksi eksternal attris.
16.    Disediakan driver HIMEM. Sys yang dulu hanya disediakan pada sistem microsoft windows.17.    Sistem operasi dasar yang ada pada windows.Kelemahan :

1.       Memiliki keterbatasan dalam hal pengoperasian karena sifatnya yang hanya digunakan oleh satu pengguna (single user) dan hanya dapat melakukan satu pekerjaan (single tasking).

  2.       Windows
 Keunggulan : 1.      Memilikai sifat  multiseluler yang bisa digunakan oleh banyak pengguna dan multitasking yang dapat digunakan untuk melakukan banyak tugas.
2.      Mendukung dalam bidang grafis.
3.      Dapat digunakan untuk membuka beberapa program aplikasi.
4.      Pindah antar program aplikasi dengan cepat dan mudah.
5.      Memiliki fasilitas OLE yaitu dapat mentransfer data secara cepat.
6.       Memiliki fasilitas plug and play yaitu teknologi yang mampu dengan cept mendeteksi secara otomatis device baru yang ada pada computer serta menyusun konfigurasi seluruh device pada computer.
 Kelemahan : 1.      Tidak dapat dimodifikasi.
2.      Tidak kebal terhadap virus.
3.      Mahal.
 3.       UNIX
 Keunggulan : 1.       Sistem operasinya gratis.2.       Tidak perlu mengintal driver lagi.3.       Mendapatkan applikasi multimedia dan desian grafis yang lengkap.4.       Tidak bisa terkena virus.5.       Desktopnya bagus.6.       Dapat dimodifikasi.7.       Dapat digunakan secara luas baik sebagai server maupun workstation.8.       Bersifat multiuser-multitasking yaitu satu computer dipakai bersamaan oleh banyak user dan dapat menjalankan banyak program di satu waktu. Kelemahan : 1.       membingungkan karna berbeda dengan windows .2.       format file yang terlalu sedikit.3.       banyak software yang tidak complatible dengan linux. 4.       LINUX Keunggulan : 1.      Linux merupakan sistem operasi bebas dan terbuka. Sehingga dapat dikatakan, tidak terdapat biaya lisensi untuk membeli atau menggunakan Linux.


2.       Linux mudah digunakan. Dulu, Linux dikatakan merupakan sistem operasi yang sulit dan hanya dikhususkan untuk para hacker. Namun, kini, pandangan ini salah besar. Linux mudah digunakan dan dapat dikatakan hampir semudah menggunakan Windows.


3.      Hampir semua aplikasi yang terdapat di Windows, telah terdapat alternatifnya di Linux. Kita dapat mengakses situs web Open Source as Alternative untuk memperoleh informasi yang cukup berguna dan cukup lengkap tentang alternatif aplikasi Windows di Linux.


4.      Keamanan yang lebih unggul daripada Windows. Dapat dikatakan, hampir semua pengguna Windows pasti pernah terkena virus, spyware, trojan, adware, dsb. Hal ini, hampir tidak terjadi pada Linux. Di mana, Linux sejak awal didesain multi-user, yang mana bila virus menjangkiti user tertentu, akan sangat sangat sangat sulit menjangkiti dan menyebar ke user yang lain. Pada Windows, hal ini tidaklah terjadi. Sehingga bila dilihat dari sisi maintenance / perawatan data maupun perangkat keras-pun akan lebih efisien. Artikel yang menunjang argumen ini:
1.
1. Linux dan Virus. 2. Melindungi Windows dari serangan virus dengan menggunakan Linux.
5.      Linux relatif stabil. Komputer yang dijalankan di atas sistem operasi UNIX sangat dikenal stabil berjalan tanpa henti. Linux, yang merupakan varian dari UNIX, juga mewarisi kestabilan ini. Jarang ditemui, komputer yang tiba-tiba hang dan harus menekan tombol Ctrl-Alt-Del atau Restart untuk mengakhiri kejadian tersebut. Sehingga, tidaklah mengherankan bila Linux mempunyai pangsa pasar server dunia yang cukup besar. Dari hasil riset IDC, pangsa pasar server dunia yang menggunakan Linux pada tahun 2008 akan mencapai 25,7 % (dapat dibaca di www.eweek.com)


6.       Linux mempunyai kompatibilitas ke belakang yang lebih baik (better backward-compatibilty). Perangkat keras (hardware) yang telah berusia lama, masih sangat berguna dan dapat dijalankan dengan baik di atas Linux. Komputer-komputer yang lama ini tidak perlu dibuang dan masih dapat digunakan untuk keperluan tertentu dengan menggunakan Linux (sebagai penunjang informasi dapat membaca artikel “Don’t Throw That Old PC Away–Give It New Life with Linux“). Selain itu, tidak pernah ditemui dokumen-dokumen yang lebih baru tidak dapat dibaca pada Linux versi yang lebih lama. Pada Windows, kita seakan dituntut untuk terus mengikuti perkembangan perangkat keras. Sebagai contoh, beberapa bulan lalu, telah dirilis Windows Vista. Beberapa dokumen yang dibuat dalam Windows Vista tidak dapat dibuka dalam Windows XP. Sehingga, mau tidak mau, kita harus beralih ke Windows Vista, dan itu berarti meng-upgrade atau membeli perangkat keras (hardware) baru yang lebih bagus (perangkat keras minimum Windows Vista dapat dilihat www.microsoft.com). Atau, bisa jadi ada aplikasi-aplikasi yang dibuat beberapa tahun yang lalu tidak dapat dibuka lagi di Windows Vista, karena sudah tidak didukung lagi oleh Microsoft.
 7.      Bersifat multiuser-multitasking yaitu satu computer dipakai bersamaan oleh banyak user dan dapat menjalankan banyak program di satu waktu.
Kelemahan : 1.      Banyak pengguna yang belum terbiasa dengan Linux dan masih ‘Windows minded’. Hal ini dapat diatasi dengan pelatihan-pelatihan atau edukasi kepada pengguna agar mulai terbiasa dengan Linux.


2.      Dukungan perangkat keras dari vendor-vendor tertentu yang tidak terlalu baik pada Linux. Untuk mencari daftar perangkat keras yang didukung pada Linux, kita dapat melihatnya di Linux-Drivers.org atau linuxhardware.org.


3.      Proses instalasi software / aplikasi yang tidak semudah di Windows. Instalasi software di Linux, akan menjadi lebih mudah bila terkoneksi ke internet atau bila mempunyai CD / DVD repository-nya. Bila tidak, maka kita harus men-download satu per satu package yang dibutuhkan beserta dependencies-nya.


4.      Bagi administrator sistem yang belum terbiasa dengan Unix-like (seperti Linux), maka mau tidak mau harus mempelajari hal ini. Sehingga syarat untuk menjadi administrator adalah manusia yang suka belajar hal-hal baru dan terus-menerus belajar.



0 Komentar:

Poskan Komentar

Jika ada kekurangan . . karena posting nya atau blog nya . . segera komentar di bawah ini ya . . :D Terima kasih atas kunjungan nya . . :D