Contoh paragraf argumentasi lengkap dengan analisisnya

TUGAS B.INDONESIA
Contoh paragraf Argumentasi

Joanna Alexandra Tak setuju Facebook haram
            Keluarnya fatwa haram penggunaan facebook membuat para artis ikut berkomentar menanggapi hal tersebut yang rata – rata menyatakan tidak setuju salah satunya adalah pemeran utama film Virgin 2, Joana Alexandra. Ia mengaku tidak setuju dengan fatwa haram tersebut.
            “Menurut aku, fatwa haram itu (facebook) gak penting, soalnya banyak nilai penggunaan facebook, jadi menurut aku fatwa haram itu gak relevan aja,“ kata Joana di salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Bandung, minggu (31/5).

            Ia mengatakan, salah satu nilai positif dari penggunaan facebook ialah dapat menambah teman dari Negara ikai. Bahkan lewat situs tersebut dirinya mengaku dapat bertemu kembali dengan teman lamanya, yang sudah berpisah sejak bangku smp.
            “Gara – gara  faceook juga, aku bisa ketemu sama teman lamaku di smp.” Kata joana yang sempat bermain di film CATATAN AKHIR SEKOLAH karya Hanung Bramantyo. Dirinya menganggap tak selalu facebook digunakan untuk hal – hal yang bias merusak moral.” Kalau buat aku pribadi sih banyak hal positifnya aja. Kita bisa tetap jalin silahturami, bias ketemu dengan teman lama atau yang jarang ketemuan,” kata Joana Alexandra.
Dikutip dari radar banten selasa, 9 juni 2009







Ahmad Syauqi Muttaqi Alsana

Identifikasi atau analisis
Permasalahan
-       Keluarnya fatwa haram penggunaan facebook.
Kalimat pendapat
-       “Menurut aku, fatwa haram itu (facebook) gak penting, soalnya banyak nilai penggunaan facebook, jadi menurut aku fatwa haram itu gak relevan aja,“ kata Joana di salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Bandung, minggu (31/5).
Pembuktian
-       Kita bisa tetap jalin silahturami, bisa ketemu dengan teman lama atau yang jarang ketemuan.

Ide pokok
-       Keluarnya fatwa haram penggunaan facebook
Pola pengembangan
-       Menggunakan pola pengembangan deduktif, karena pada paragraf tersebut penulis memaparkan kalimat terlebih dahulu kemudian kalimat khusus yang menjelaskan tentang kalimat umum.
Metode
-       Pada paragraf tersebut metode yang digunakan yaitu metode sebab – akibat karena pada paragraf tersebut sebab merupakan pikiran utama sedang kan akibat merukapakan pikiran penjelas.

Ahmad Syauqi Muttaqi Alsana

2 comments:

Komen disini ya :)