Perangkat Keras Komputer


Komputer merupakan alat bantu pemrosesan data secara elektronik, dimana semua pemrosesan data tersebut dilakukan berdasarkan urutan instruksi atau program yang tersimpan dalam memori  masing-masing komputer. Komputer biasa bekerja secara maksimal apabila didukung oleh beberapa perangkat keras (hardware).
             Perangkat keras komputer terbagi dalam empat kelompok yaitu sebagai berikut.
1.    Perangkat Keras Input
Perangkat keras input merupakan sarana, atau media untuk memberi perintah pada komputer. Perangkat input antara lain mouse, keyboard, light pen, joystick, graphic pads, trackball, dan lain-lain.
2.    Perangkat Keras Proses
Perangkat keras proses merupakan media untuk melakukan pemrosesan atau pengolahan data pada komputer. Beberapa perangkat keras proses antara lain processor, RAM (Random Acces Memory), ROM (Red Only Memory).
3.    Perangkat Keras Output
Perangkat keras output merupakan media untuk menampilkan hasil dari olahan data-data yang telah di proses pada komputer.  Perangkat keras output antara lain monitor, printer, speaker, proyektor, dan lain-lain.
4.    Storage Device (Penyimpanan Data)
Storage device merupakan media eksternal yang berfungsi untuk menyimpan data  yang telah diiolah pada komputer. Contoh perangkat penyimpan data antara lain harddisk, flash disk, compact disk, floppy disk, dan lain-lain.

0 Komentar:

Komen disini ya :)