Pengertian Aktiva dan Sub menu Aktiva


AKTIVA
Aktiva merupakan bentuk dari penanaman modal perusahan. Bentuknya dapat berupa harta kekayaan atau hak atas kekayaan atau jasa yang dimiliki oleh perusahaan yang bersangkutan.
Aktiva Lancar uang kas dan aktiva-aktiva lain atau sumber-sumber yang diharapkan akan direalisasi menjadi uang kas atau dijual atau dikonsumsi selama siklus usaha perusahaan yang normal atau dalam waktu satu tahun, mana yang lebih lama.
·         Kas adalah alat pembayaran yang siap dan bebas digunaka untuk membiayai kegiatan umum perusahaan
·         SURAT BERHARGA adalah surat pengakuan hutang, wesel,saham, obligasi, sekuritas kredit, atau setiap derivatifnya ataukepentinga dari penerbit dalam bentuk yang lazim diperdagangkandalam pasar modal dan pasar uang. (Pasal 1 angka 10 UUPerbankan).
·         Piutang wesel adalah klaim yang dibuktikan dengan instrument kredit secara formal. Instrument kredit ini mesyaratkan debitor untuk membayar dimasa yang akan datang pada tanggal yang sudah ditentukan misalnya minimal 60 hari setelah tanggal penandatanganan wesel
·         Piutang dagang adalah tagihan kepada pelanggan yang sifatnya terbuka, dalam arti bahwa tagihan ini tidak disertai instrument kredit. Piutang dagang berasal dari penjualan barang dagangan dan jasa secara kredit dalam operasi usaha normal
·         Perlengkapan adalah barang-barang yang jangka penggunaan nya akan habis dalam waktu kurang dalam 1 tahun
·         Persedian adalah barang-barang yang dimiliki perusahaan untuk dijualkembali dalam aktivitas normal perusahaan atau untuk diproses terlebihdahulu kemudian dijual
  • Biaya Dibayar Di Muka yaitu biaya-biaya yang sudah dibayar tetapi sebenarnya harus dibebankan pada periode yang akan datang.
  • Pendapatan yang Masih Harus Diterima (Accrued Revenue) Sering kali terjadi pada akhir periode akuntansi terhadap pendapatan yang harus sudah diakui walaupun penerimaan uangnya baru akan dilaksanakan pada periode akuntansi berikutnya. Jumlah pendapatan yang masih harus diterima berarti timbul tagihan perusahaan kepada pihak lain yang membawa konsekuensi penambahan dalam aktiva dan pendapatan perusahaan, yaitu dengan mendebet perkiraan pendapatan yang masih harus diterima dan mengkredit perkiraan pendapatan.
Investasi Jangka Panjang adalah investasi yang dilakukan dalam jangka beberapa tahun dengan tujuan – tujuan tertentu.
·         Investasi dalam saham adalah suatu perusahaan dapat saja membeli saham perusahaan lain dengan tujuan untuk menginvestasi kelebihan kasnya dengan harapan dapat
memperoleh dividen dan keuntungan dari hasil penjualan saham.
·         merupakan surat tanda utang sehingga kalau investasi dalam bentuk obligasi (membeli obligasi) berarti sama dengan memberi pinjaman pada pihak yang mengeluarkan obligasi, dan akan menrima bunga pada waktu tertentu.
Aktiva Tetap Berwujud Aktiva tetap berwujud adalah aktiva-aktiva yang berwujud yang sifatnya relatif permanen yang digunakan dalam aktivitas normal perusahaan.
·         Peralatan adalah segala keperluan yang digunakan manusia untuk mengubah alam sekitarnya, termasuk dirinya sendiri dan orang lain dengan menciptakan alat-alat sebagai sarana dan prasarana.
·         Mesin adalah alat yang mengubah tenaga panas menjadi tenaga penggerak disebut mesin atau motor bakar (heat engine).
·         Tanah adalah campuran bagian - bagian batuan dengan material serta bahan organik yang merupakan sisa kehidupan yang timbul pada permukaan bumi akibat erosi dan pelapukan karena proses waktu.
·         Gesung adalah bangunan tembok dsb yg berukuran besar sbg tempat kegiatan, spt perkantoran, pertemuan, perniagaan, pertunjukan, olahraga, dsb; 2 rumah tembok yg berukuran besar

Aktiva Tetap Tak Berwujud Aktiva merupakan aktiva tetap yang secara fisik tidak dapat dilihat bentuknya, akan tetapi memberikan kontribusi nyata bagi perusahaan.
·         Merk dagang adalah kata atau logo perusahaan yang digunakan untuk merujuk ke dirinya sendiri, merek, dan produk-produknya, dan yang tidak ingin membiarkan pesaingnya untuk digunakan.
·         Hak paten adalah hak eksklusif yang diberikan oleh negara kepada inventor atas hasil invensinya di bidang teknologi selama waktu tertentu. Seorang inventor dapat melaksanakan sendiri invensinya atau memberikan persetujuan kepada pihak lain
·         Hak cipta adalah adalah hak eksklusif Pencipta atau Pemegang Hak Cipta untuk mengatur penggunaan hasil penuangan gagasan atau inaformasi tertentu.
·         Franchising (pewaralabaan) pada hakekatnya adalah sebuah konsep pemasaran dalam rangka memperluas jaringan usaha secara cepat.
Aktiva Lain-Lain adalah pos-pos yang tidak dapat secara layak digolongkan dalam aktiva tetap, dan juga tidak dapat digolongkan dalam aktiva lancar
·         Bangunan dalam proses penyelesaian adalah bangunan pada tahap membangun tapi belu selesai dan dalam proses penyelesaian
·         Sebenarnya Klaim merupakan hak yang diterima oleh setiap nasabah Asuransi.
Utang adalah sesuatu yang dipinjam. Seseorang atau badan usaha yang meminjam disebut debitur. Entitas yang memberikan utang disebut kreditur.
·         Utang lancar adalah kewajiban yang diharapkan akan dibayar dalam jangka waktu satu tahun dengan menggunakan aktiva lancar yang ada atau hasil dari pembentukan kewajiban lancar yang lain.
·         Wesel bayar adalah janji tertulis tanpa syarat yang ditandatangani oleh seseorang untuk membayar sejumlah uang tertentu pada tanggal yang telah ditetapkan dalam surat wesel tersebut (note payable)
·         Hutang dagang atau account payable adalah jumlah uang yang masih harus dibayarkan kepada pemasok, karena perusahaan melakukan pembelian barang atau jasa. Salah satu contoh hutang dagang adalah pembelian barang
·         Pendapatan Diterima di Muka adalah pendapatan atas suatu barang/jasa yang belum diserahkan
·         Pendapatan dibayar di muka adalah kita menerima uang dimuka sedangkan barang/service yang kita perjualbelikan belum diterima sepenuhnya oleh pelanggan
·         Biaya masih harus dibayar adalah pengeluaran yang diakui dalam pembukuan sebagai kewajiban.

Hutang jangka panjang adalah hutang perusahaan kepada pihak ketiga yang harus dilunasi dalam waktu lebih dari satu tahun.
·         Utang hipotek adalah Hutang yang timbul berkaitan dengan perolehan dana dari pinjaman yang dijaminkan dengan harta tetap.
·         Utang obligasi apabila perusahaan (atau perorangan) meminjam uang dengan menarik promes, biasanya pinjaman tersebut diperoleh dari satu kreditur, misalnya sebuah bank.
·         Utang wesel adalah utang yang berbentuk bukti tertulis formal, yang isinya tertulis kesanggupan untuk membayar pada tanggal tertentu. Orang atau perusahaan yang mempunyai tagihan biasanya lebih menyukai jenis ini karena ada bukti yang kuat untuk menagih, apalagi jika urusannya dengan pengadilan.
Hutang Lain-lain merupakan akun hutang yang dimaksudkanuntuk menampung akun hutang yang tidak dapatdikelompokkan dalam hutang pihak ketiga, hutang murabahah,dan beban yang masih harus dibayar
·         Utang garansi adalah utang yang memiliki garansi waktu tertentu.
·         Hutang Lain-lain merupakan akun hutang yang dimaksudkanuntuk menampung akun hutang yang tidak dapatdikelompokkan dalam hutang pihak ketiga, hutang murabahah,dan beban yang masih harus dibayar
Modal adalah sesutu yang sangat dibutuhkan di dalam sebuah perusaan , salah satu yang utama di dalam perusahaan adalah ini. modal itu banyak macam macamnya .modal adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menjalankan suatu usaha perusahaan. modal juga dapat dari dalam perusahan atau yang penambahan dari pihak pemilik perusaan dan juga dari pihak lain .
·         perusahaan perseorangan adalah perusahaan yang dimiliki oleh seorang yang langsung memimpin perusahaan tersebut. Pemiliknya memiliki tanggung jawab yang tidak terbatas atas utang-utang perusahaan dan berkuasa penuh atas pengelolaan dan pengendalian perusahaan.
·         Modal  adalah sesutu yang sangat dibutuhkan di dalam sebuah perusaan , salah satu yang utama di dalam perusahaan adalah ini. modal itu banyak macam macamnya .modal adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menjalankan suatu usaha perusahaan. modal juga dapat dari dalam perusahan atau yang penambahan dari pihak pemilik perusaan dan juga dari pihak lain .
·         Prive adalah investasi/penyetoran modal  dan pengambilan modal oleh anggota perseroan komanditer (CV).
·         Perseroan firma merupakan salah satu organisasi bisnis, di mana dilakukan perjanjian antara dua orang atau lebih untuk melakukan kerjasama dengan tujuan memperoleh keuntungan bersama.
Pendirian firma harus resmi, artinya harus dibuat di depan Notaris dan terdaftar di pengadilan.
·         PERSEROAN TERBATAS adalah badan hukum yang merupakan persekutuan modal, didirikan berdasarkan perjanjian, dan melakukan kegiatan usaha dengan modal dasar yang seluruhnya terbagi dalam sahamUndang-undang Nomor 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas (UUPT). Sebagai Badan Hukum, Perseroan Terbatas dianggap layaknya orang-perorangan secara individu yang dapat melakukan perbuatan hukum sendiri, memiliki harta kekayaan sendiri, dan dapat dituntut serta menuntut di depan pengadilan.
·         Laba ditahan saldo laba bersih setelah dikurangi pajak yang oleh RUPS atau rapat anggota diputuskan untuk tidak dibagikan (retained earning)
·         Agio Adalah Persentase bunga obligasi melebihi tingkat bunga di pasar
·         Disagio adalah Persentase bunga obligasi kurang atau lebih rendah dari tingkat bunga di pasar
·         Penilaian kembali adalah penyesuaian ketertagihan atau kolektibilitas kredit debitur ke posisi yang lebih baik karena debitur telah melakukan pembayaran tunggakan dan penalti (reinstatement)

0 Komentar:

Komen disini ya :)